Inspeksi BAPETEN, Demi Meningkatkan Komitmen LTUII dalam Pemanfaatan Energi Nuklir untuk Intrumentasi XRD

25 May 2023 - admin
102

Kamis, 25 Mei 2023, Laboratorium Terpadu Universitas Islam Indonesia (LTUII) telah melaksanakan inspeksi pemanfaatan tenaga nuklir/radiasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Agenda tersebut dipimpin oleh Asep Saefulloh Hermawan, S.Si., M.T dan Sumedi, SMK, MKKK selaku Inspektur dari BAPETEN. Turut hadir juga Rudy Syahputra, Ph.D. sebagai kepala LTUII dan Rofiatun Nashriyah, S.ST. selaku Petugas Proteksi Radiasi (PPR) dilingkungan laboratorium terpadu. Terdapat dua agenda penting dalam inspeksi ini, yaitu pemeriksaaan berkas dan fasilitas secara langsung alat yang memiliki sumber Radiasi. Adapun alat yang diperiksa yaitu X-Ray Diffraction.

LTUII telah memiliki surat izin secara resmi untuk pengoprasian alat dengan sumber radiasi, serta memiliki Petugas Proteksi Radiasi (PPR) yang telah tersertifikasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab LTUII dalam penyelenggaraan Laboratorium yang sesuai dengan ISO 17025 dan Kebijakan K3.

Legalitas yang telah diberikan oleh BAPETEN tentunya menjadi bukti komitmen LTUII untuk menjamin keselamatan dalam bekerja, serta mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman. Selama agenda berlangsung, Inspektur telah memberikan masukan/saran untuk peningkatan keamanan dalam pengelolaan alat berbasis radioaktif. Hal tersebut memberikan banyak inside bagi LTUII terutama dalam penyelenggaraan pelayanan pengujian, baik dalam hal administratif ataupun dalam hal teknis. Tentunya LTUII mengajak kepada berbagai pihak yang sama-sama memanfaatkan tenaga nuklir/radiasi untuk mendaftarkan legalitas ke BAPETEN, sehingga penggunaan teknologi radioaktif di Indonesia dapat diselenggarakan sebaik mungkin di bawah pengawasan BAPETEN.


Share

Apakah website kami membantu anda?

1073 dari 1614 orang berkata iya
Admin Lab Terpadu
Selamat , selamat datang di Laboratorium Terpadu UII. ada yang dapat kami bantu?