Kunjungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY

04 April 2023 - admin
102

Selasa, 14 Maret 2023 Laboratorium terpadu menerima kunjungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY. Agenda tersebut dihadiri oleh 6 orang perwakilan dari DLHK dan dibersamai Rudy Syahputra, Ph.D. selaku kepala Laboratorium beserta seluruh staf LTUII. Adapun tema besar pada diskusi kali ini yaitu Teknis pengujian dan sistem informasi serta pengujian minyak atsiri.

Seluruh Proses pengujian di LTUII dijalankan dalam bentuk Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIMLAB). Hal ini terbukti sangat efektif dalam membantu proses pengujian di LTUII. Melalui sistem ini customer dapat dengan mudah mengakses semua layanan yang ada di LTUII, mulai dari pembuatan akun, pembuatan order, tender kontrak, pembayaran, progres kemajuan layanan, sertifikat hasil uji, dapat dengan mudah di akses melalui PC dari manapun dan kapanpun, selain itu SIMLAB juga memberikan fasilitas kepada customer untuk memberikan kritik dan saran terkait layanan di LTUII. Pengujian si LTUII dapat dilakukan secara langsung maupun dikirim melalui jasa pengiriman, tentunya hal ini dapat memberikan kemudahan bagi customer untuk mengirimkan sampel.

Kaitannya dengan pengujian minyak atsiri, Laboratorium terpadu telah mendapatkan akreditasi ISO 17025 ruang lingkup Minyak Nilam, Minyak Pala, dan Minyak Sariwangi. Terdapat 16 parameter uji meliputi : Bobot Jenis, Putaran Optik, Indeks bias, Bilangan Asam, Bilangan Ester, Patchouli Alkohol, Fe, Kelarutan dalam Alkohol, Myristicin dan sitronelal. Seiring berjalannya waktu parameter tersebut akan terus bertambah,  Tentunya LTUII juga dapat menguji minyak lain diluar lingkup yang sudah diakreditasi. DLHK memiliki potensi dalam pengolahan minyak atsiri, satu diantaranya adalah minyak kayu putih. Hal ini menjadi titik terang atau awal yang baik untuk membuka jalan kerjasama antara LTUII dan DLHK DIY sehingga bisa saling berkontribusi dalam menyediakan layanan pengujian minyak atsiri. 


Share

Apakah website kami membantu anda?

1073 dari 1614 orang berkata iya
Admin Lab Terpadu
Selamat , selamat datang di Laboratorium Terpadu UII. ada yang dapat kami bantu?