Kunjungan dari Laboratorium Terpadu UIN Raden Fatah Palembang

17 February 2023 - admin
442

Rabu, 15 Februari 2023 Laboratorium Terpadu menerima kunjungan dari Laboratorium Terpadu UIN Raden Fatah Palembang. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja untuk menggali informasi mengenai sistem manajemen ISO/IEC 17025 yang diterapkan oleh Laboratorium Terpadu UII. Tidak hanya Laboratroium Penguji dan Kalibrasi, Lab. Terpadu UIN Raden Fatah juga melihat laboratorium Fisika Dasar sebagai pelaksana kegiatan praktikum.

Bapak Rudy Syahputra, Ph.D. selaku kepala laboratorium Terpadu UII turut hadir dan menyambut dengan baik Kepala Laboratorium bapak Yan Hery Darmansyah, S.Pd., M.M beserta rombongan. Kepala Lab. Terpadu UII menyampaikan bahwa sistem manajemen ISO/IEC 17025 secara perlahan diterapkan setelah berdirinya Laboratroium Terpadu hingga pada tahun 2010 secara resmi mendapatkan pengakuan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kini Laboratorium Terpadu UII telah mempunyai 105 parameter pengujian dan 2 ruang lingkup kalibrasi. Ketepatan Waktu, Akurasi pengukuran, dan Integritas Pelayanan, merupakan motto yang dimiliki oleh lab terpadu lanjut Rudy. Motto inilah yang dijadikan dasar oleh Lab. Terpadu untuk menetapkan sasaran mutu laboratorium sehingga hasil pengujian dan kalibrasi terjamin kualitas dan keabsahannya.

Kegiatan berlanjut pada penjelasan alur pelayanan menggunakan SIMLAB oleh Petugas Administrasi yakni Nia Mahardika, S.Si. meliputi pendaftaran order, perjanjian kontrak, alur pengujian, hingga penerbitan hasil uji. Alur pelayanan ini menjadi salah satu concern yang ingin digali lebih lanjut oleh Lab. Terpadu UIN Raden Fatah Palembang. Mereka berharap ini dapat dijadikan benchmark untuk dapat diterapkan di laboratorium mereka. Tidak hanya penjelasan alur pelayanan SIMLAB, Lab Terpadu UII melalui personil Laboran Lab. Instrumentasi: Ida Ayu Sulistya, Amd., juga menjelaskan mengenai pengujian bahan kimia menggunakan peralatan instrumentasi yang terstandar sesuai pedoman baku SNI.

Selanjutnya, Rudy Syahputra, Ph.D. selaku Kepala Lab. Terpadu mengajak seluruh personil untuk melihat ruangan dan fasilitas yang ada di Lab. Terpadu UII. Ruang Lab. Preparasi merupakan ruang lab pertama yang disinggahi dengan meninjau peralatan standar preparasi dan fasilitas standar K3 yang ada. Kemudian para personil laboratorium melihat ruang Lab. Instrumentasi yang merupakan ruangan berisi peralatan standar untuk menguji sampel kimia. Dijelaskan bahwa peralatan tersebut dikondisikan sedimikian rupa sehingga hasil pengujian seakurat mungkin. Peralatan Instrumentasi di jaga dan dirawat secara rutin untuk memastikan peralatan tersebut tidak rusak meski beroperasi setiap hari hingga bertahun-tahun kedepan. Kegiatan berlanjut dengan melihat ruang Laboratorium Kalibrasi beserta pealatan standar yang ada. Tidak hanya melihat ruang lab dan peralatan, personil Lab. Terpadu UIN Raden Fatah juga ingin melihat proses kalibrasi yakni kalibrasi Volumetrik. Setelah melihat fasilitas pengujian dan kalibrasi, personil Lab. Terpadu UIN Raden Fatah ingin berkunjung ke Lab. Fisika Dasar sebagai unit penyelenggara praktikum fisika dasar di bawah Lab. Terpadu UII dengan tujuan melihat sistem praktikum yang ada dan peralatan yang digunakan.

Agenda kunjungan ini berlangsung dengan baik, diakhiri berkunjung ke perpustakaan yang didalamnya terdapat museum dan candi yang bernama Candi Kimpulan. Semoga kunjungan ini menjadi awal yang baik bagi Lab. Terpadu UII dan juga Lab. Terpadu UIN Raden Fatah.


Share

Apakah website kami membantu anda?

1073 dari 1614 orang berkata iya
Admin Lab Terpadu
Selamat , selamat datang di Laboratorium Terpadu UII. ada yang dapat kami bantu?